729x 90

Wisata Kebumen Yang Indah, Mempesona dan Menantang

Wisata Kebumen Yang Indah, Mempesona dan Menantang
Wisata Kebumen Yang Indah, Mempesona dan Menantang

KEBUMEN | Menjelajahi spot-spot wisata yang cantik yang belum ter-expose di sinilah tempatnya, Desa Wisata Karang Duwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia.

Pemerintah setempat dan Pusat Studi Desa Indonesia (PSDI) berharap terwujudnya Desa Wisata yang menarik wisatawan Indonesia hingga mendunia yang akan memberi dampak positif dan siap untuk menjadi desa yang maju dari segi ekonomi dan wisata. PSDI siap membantu dalam mengemas ide-ide wisata dan bekerjasama dengan masyarakat bersama-sama agar segera terwujud.

Berikut adalah spot-spot wisata yang indah dan mempesona di Desa Wisata Karang Duwur.



Pantai Menganti adalah pantai yang cukup populer karena spot indahnya hingga dikenal sebagai New Zeland nya Kebumen. Pantai Menganti aset berharga kota Kebumen ini terletak di Kebumen bagian barat kalau dari pantai Karang Duwur lokasi nya tidak telalu jauh. Pantai Menganti adalah salah satu tempat yang sudah friendly untuk wisatawan karena banyak warung-warung serta villa-villa dan gubuk yang disewakan agar pengunjung semakin betah menikmati pemandangan di pantai dengan banyak batu karang.



Hutan Mangrove ini merupakan lokasi wisata edukasi yang dibuat untuk menambah pengetahuan dan pengalaman para pengunjung karena ekosistemnya sangat dibutuhkan sebagai penjaga garis pantai. Kita akan menemukan jalan yang terbuat dari kayu yang di bangun di atas sungai. Berjalan di atasnya dan melihat bagaimana indahnya hutan mangrove ini, di tengah – tengahnya terdapat gazeebo yang di sediakan untuk beristirahat sejenak maupun duduk santai.



Sebagian besar nama pantai di Kebumen memang menggunakan nama "Karang" karena memang banyak batu karang besar yang menjadi centre wisatanya. Batu karang yang kokoh terletak di tengah laut ini memiliki bentuk unik dan memang terbentuk karena alam. Tapi kalau diselidiki lagi mungkin ada sisi sejarahnya.

Pantai Karang Bolong, letaknya cukup jauh dari tempat parkir kendaraan. Dibutuhkan energi yang prima saat memutuskan turun untuk melihatnya, panjang track nya mungkin hanya 200 meter-an tapi karena naik turun jadi terasa jauh. Di sini kita akan dihadapkan pada medan menelusuri hutan dengan kiri kanan semak dan pohon jati, jalan setapak, dan tanpa penerangan sama sekali.



Pantai Pecaron adalah surganya para pemancing mania, tidak perlu repot naik kapal untuk ke tengah laut ternyata walau disisi pantai banyak tangkapan ikan yang bisa didapat dan ikan yang didapat pun besar-besar. Kesempatan ini juga dimanfaatkan pemerintahan setempat bersama PSDI untuk mengangkat pada halayak bahwa dengan berkunjung ke Kebumen kita bisa mendapatkan kesempatan mengunjungi berbagai lokasi wisata yang keren salah satunya pantai Pecaron ini dengan tujuan selain menikmati pantai kita juga bisa mancing.



Masih di Kebumen, pantai yang satu ini tidak kalah indah. Ada satu spot cantik untuk berfoto yakni Tebing Titanic, yang terletak di atas pantainya, kembali kita harus naik ke atas tebing sehingga bisa mendapatkan spot foto yang sempurna. Pantai Watu Bale ini memiliki pasir yang hitam dan berkilauan diterpa cahaya matahari, dihiasi juga batu granit di sepanjang tepi pantainya. Ada juga beberapa ayunan menghadap pantai. Tenang tapi juga seru, ada beberapa warung yang bisa di singgahi untuk menikmati minuman segar di pinggir pantainya.



Mendengar kabar dulunya pantai Lampon ini adalah pantai yang tersembunyi bahkan warga sekitar tidak banyak tahu tentang pantai ini karena terletak di balik bukit dan untuk mendapatinya kita harus berjalan dulu tapi sekarang pantai Lampon sudah banyak diketahui oleh warga sekitar bahkan saat kami mengunjungi pantai Lampon sudah terawat baik dan ada spot-spot cantik yang instagramable seperti jembatan hati.

Perjalanan menuju pantai ini tidak terlalu sulit. Ada beberapa spot yang bisa dijadikan lokasi foto yang view-nya indah. Ada persinggahan dengan bentuk helikopter sehingga kita bisa berfoto di atasnya, ada juga persinggahan dengan bawahnya terbuat dari kayu berbentuk love, posisi 2 sudut nya menggantung di atas permukaan laut dan kolam renang untuk anak-anak.



Berjalan menyusuri sisi pantai dari pantai Lampon untuk mengunjungi Goa Wora-Wari, di jalan menuju ke sana kita akan menemukan selayang pandan. Jika kita masuk dari Goa ini dengan mendaki tebing-tebing akan menerobos ke Goa Celeng di bawah.

Goa Wora Wari merupakan goa yang dulunya digunakan sebagai tempat persembunyian di jaman penjajahan Belanda.



Karang Bolong dan Puncak Hud adalah spot wisata yang bisa dikunjungi sekaligus karena memang berdekatan biasanya warga sekitar juga menyarankan para wisatawan yang mengunjungi Karang Bolong untuk mengunjungi Puncak Hud juga. Lokasinya cukup luas bahkan beberapa kali banyak yang berkemah di sini. Lokasinya masih di sekitar barat. Untuk mengunjungi spot wisata ini tersedia jasa ojek dari warga sekitar atau bisa menggunakan mobil.

Hamparan air laut dari ketinggian 500 meter dari permukaan laut pantai Karang Bolong, begitu panjangnya pantai ini hingga tak terlihat ujung pantainya karena pantai di bawah Puncak Hud berbatasan langsung dengan samudera Hindia.

Di Puncak Hud terdapat batu karang, pohon – pohon teduh, inilah tempat sempurna untuk menikmati sunset dan sunrise atau sekedar bersantai menikmati suasana, cara termudah mengingat betapa besar kuasa Tuhan.



Sawangan Adventure dari satu lokasi ini kita bisa dapat tiga spot cantik seperti Goa Sawangan, Curug Sawangan, dan Sawangan Adventure Outbound.



Setelah berjalan kurang lebih 10 menit kita akan menemukan Goa Sawangan yang di dalamnya ada mata air menurut warga sekitar menyebutnya mata air mantan yang konon mitosnya kalau kita minum dari mata air itu bisa move on dari mantan.



Setelah melewati turunan yang cukup curam dan berbatu memang serasa menemukan surga. Tetesan air dari tebing menerpa seluruh tubuh seolah dipijat oleh alam. Airnya sejuk dan satu lagi yang menarik adalah pelangi yang melingkar dari satu batu ke batu lain pantulan cahaya yang indah.

Ada bagian kolam yang agak tinggi, sehingga kita bisa melompat dari atas batu ke dalam air.


Untuk mengunjungi semua spot-spot yang cantik tersebut, pemerintah daerah menyediakan paket wisata jadi pastiya kita akan diantar sepenuh hati mengunjungi tempat-tempat ini. Masyarakat setempat pun sangat sigap sekali dalam hal memberitahu jalan juga informasi mengenai lokasi wisata setempat.

Sebenarnya masih banyak lagi lokasi wisata di Kebumen, minimal perlu waktu seminggu untuk mengeksplore indah dan kayanya wisata Kebumen.

Spot-spot wisata ini tentunya layak untuk dikunjungi bagi mereka yang memiliki jiwa berpetualang, jalan jauh, hiking, menemukan surga tersembunyi atau mereka yang ingin kembali bersama alam. Semoga infrastruktur yang memadai akan segera dibangun untuk mendukung berkembangnya wisata di Kebumen.

Pusat Studi Desa Indonesia tentu akan terus membantu masyarakat dalam mengembangkan ragam wisata/ non wisata potensial di desa.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>