729x 90

Terbaik di Kutai Timur, BUMDes Ini Raup Rp 112 Juta per Tahun

Terbaik di Kutai Timur, BUMDes Ini Raup Rp 112 Juta per Tahun
Terbaik di Kutai Timur, BUMDes Ini Raup Rp 112 Juta per Tahun

KUTAI TIMUR | Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Desa Swarga Bara, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menjadi BUMDes terbaik di Kutim dengan pendapatan sekitar Rp 112 juta dalam setahun.

Hal tersebut dituturkan Kepala Seksi (Kasi) Peningkatan Kapasitas Pelaku Usaha Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kutim, Dr.Wenadianto, M.Si

"Untuk di Kutim, BUMDes pengelolaan terbaik adalah Desa Swarga Bara, dengan penghasilan pengelolaan BUMDes sekitar Rp 112 Juta per tahun," ungkap Wenadianto saat ditemui, Jumat, 3 Maret 2017.

BUMDes Desa Swarga Bara yang dikelola Swarga Mitra Mandiri memiliki beberapa unit usaha, antara lain Koperasi Simpan Pinjam, Pengelolaan Air Bersih, Ekowisata, Perkebunan Sawit, Workshop Batik, Ekowisata, serta Katering.

Menurut Wenadianto, dari sekian banyak unit usaha BUMDes Swarga, Pengelolaan Air Bersih, dianggap paling sehat, karena mampu meraup pendapatan rata-rata Rp 10 juta per bulan.

"Untuk pengelolaan air bersih saja pendapatan kotor dikatakan hingga Rp 10 juta per bulan. disana juga ada ekowisata hutan prevap TNK yang mana pengunjungnya kebanyakan turis asing," ujarnya.

BUMDes Swarga Bara hanya satu dari puluhan BUMDes yang berhasil di Kutai Timur. Berdasarkan data Dinas PMD Kutim yang dibeberkan Wenadianto, terdapat 45 BUMDes Desa di Kutim yang sehat secara bisnis.

Dengan berbagai program Pemkab Kutim tahun 2017, BUMDes lain dapat mengikuti jejak Swarga Bara, serta desa lain yang dianggap sukses mengelola usaha desa. Wenadianto berharap, kolaborasi pemangku kepentingan di semua level, dapat meningkatkan kinerja BUMDes lebih baik.

"Diharap BUMDes di tiap Desa juga dapat berhasil, dengan melakukan program penigkatan kapasitas masyarakat desa, studi pembelajaran, dan lain-lain. Kita bersama BUMDes akan membenahi usaha secara perlahan," tuturnya.

sumber : kliksangatta.com

Azwar Aziz
Azwar Aziz
EDITOR

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>