729x 90

Ramadhan Bersama 1000 Senyuman Pesisir

Ramadhan Bersama 1000 Senyuman Pesisir
Ramadhan Bersama 1000 Senyuman Pesisir

SEMARANG | Kampung Bahari di Kawasan Tambak Lorok, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang merupakan tempat dilaksanakannya kegiatan Ramadhan Bersama 1000 Senyuman Pesisir oleh komunitas Asa Edu bekerjasama dengan Pusat Studi Desa Indonesia (PSDI) pada tanggal 3 s/d 4 Juni 2017.


Ramadhan Bersama 1000 Senyuman Pesisir

Daerah ini terkesan kumuh dan mayoritas warganya berprofesi sebagai nelayan. Mereka belum memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan untuk anak-anak mereka.


Lomba Azan


Lomba Menggambar


Lomba Da'i Cilik

Kegiatan ini merupakan apresiasi komunitas Asa Edu terhadap pemuda pesisir yang sudah bersemangat untuk belajar di Komunitas Asa Edu. Komunitas yang diketuai oleh salah satu mahasiswa UNDIP, Hendra Wiguna ini khusus bergerak di bidang Pendidikan dan kesehatan wilayah pesisir.

Dilaksanakan selama dua hari. Di hari pertama, diadakan beberapa lomba seperti lomba adzan, menggambar, membuat kaligrafi dan dai cilik. Di hari kedua, kegiatan diawali dengan diskusi bersama pengurus PSDI dengan Komunitas Asa Edu dan pemuda pesisir Tambak Lorok.


Diskusi

Dalam kesempatan itu Bapak Edi Sabara selaku Ketua Umum PSDI Pusat mengajak pemuda pesisir berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan lingkungan Tambak Lorok. Beliau mengajak pemuda pesisir untuk aktif dan kreatif dalam menjaga dan melestarikan lingkungan pesisir dengan melakukan kegiatan sosial bersih-bersih kampung pesisir dan memasang poster yang mengajak masyarakat dalam menjaga kesehatan lingkungan.

Dalam diskusi tersebut Ketua Umum PSDI Pusat mengajak Komunitas Asa Edu, pemuda pesisir serta komunitas lain yang peduli terhadap lingkungan di pesisir khususnya di Tambak Lorok untuk mengadakan kegiatan regular salah satunya dengan mengadakan medical checkup gratis untuk masyarakat di sekitar Tambak Lorok.

Begitu pula dengan Sekretaris Jenderal PSDI Pusat, Bapak Slamet Riyadi, menyampaikan bahwa pemuda pesisir Tambak Lorok harus selalu optimis dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Sedangkan Bapak Reza Lazuardi, pengurus PSDI Pusat, berpendapat agar pemuda pesisir Tambak Lorok lebih kreatif dalam mengolah dan mengembangkan potensi-potensi yang ada di kampung bahari tersebut.


Puncak Acara


Puncak Acara

Dukungan PSDI akan terus ada untuk keberlanjutan kegiatan komunitas Asa Edu dan pemuda pesisir dalam melestarikan lingkungan, kesehatan dan pendidikan khususnya di Tambak Lorok dan seluruh Indonesia pada umumnya.

Azwar Aziz
Azwar Aziz
EDITOR

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>