729x 90

Pesona Wisata Alam Pulau Tomia, Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Pesona Wisata Alam Pulau Tomia, Wakatobi, Sulawesi Tenggara
Pesona Wisata Alam Pulau Tomia, Wakatobi, Sulawesi Tenggara

WAKATOBI | Pulau Tomia memiliki beberapa objek wisata yang indah dan eksotik. Dimana terdapat beberapa Panorama Pantai, Puncak dan Panorama Bawah Laut yang dapat memanjangkan mata para wisatawan yang berkunjung kesana, disamping itu juga penataan perkampungannya yang bersih dan alami serta masyarakatnya yang ramah terhadap para wisatawan yang berkunjung ke pulau tersebut.

Di pulau ini, para wisatawan dapat melakukan beberapa aktivitas seperti memancing, berenang, snorkeling, diving, berjemur dan menikmati sajian kuliner khas Pulau Tomia serta dapat memesan beberapa kerajinan tangan sebagai souvenir dari Pulau Tomia. Berikut objek wisata alam yang ada di Pulau Tomia.

PANTAI HUNTETE

Pantai Huntete berada di Desa Kulati Kecamatan Tomia timur. Pantai ini pantai terpanjang di Pulau Tomia, sempadan pantai yang sangat luas, pantai berpasir putih, hamparan pohon kelapa. Bentuk pantai tersebut melengkung. Di pantai ini terdapat lapangan luas yang ditumbuhi rumput dan lidah mertua berduri, dimana lokasi tersebut biasa dijadikan sebagai tempat untuk bakar ikan secara masal.

Tak jauh dari pantai terdapat gua yang menghadap ke laut, gua tersebut disebut sebagai Liang Kuri-Kuri, karena di dinding batu dalam gua ditumbuhi lumut yang berwarna kuning. Menurut penuturan masyarakat setempat, dahulu ketika nelayan pergi melaut, mereka selalu melihat warna kuning yang muncul dari mulut gua, gua tersebut dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Sehingga bila melewati gua itu, maka para nelayan selalu berhati-hati, dan sering membuang siri pinang atau rokok.

PANTAI ONEMOBAA

Pantai One Mobaa berada di Desa Lamanggau Kecamatan Tomia. Untuk sampai ke Pantai tersebut anda dapat menggunakan perahu tradisional seperti Katinting, ± 30 menit dari ibukota kecamatan. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih, air lautnya jernih. Di sana terdapat tumbuhan pepohonan pantai seperti kelapa, cemara, bakau, dan pohon pantai lainnya. Selain itu juga terdapat beberapa fauna seperti biawak, pipit, udang merah dan fauna lainnya.

Panorama bawah laut di Pantai One Mobaa sangat indah dan eksotik karena terdapat gugusan terumbu karang yang berwarna-warni, padang lamun serta hidup beberapa spesies ikan yang beranekaragam serta biota laut lainnya yang masih tetap terjaga dan alami. Sehingga tempat tersebut, sangat tepat untuk beraktivitas snorkeling dan diving, serta menikmati panorama sunset.

Di pantai One Mobaa ini telah dibangun sebuah resort yang berstandar internasional, yakni Wakatobi Dive Resort. Dimana pengelola resort tersebut adalah investor asing berkebangsaan Swiss.

Di depan pantai ini terdapat Pulau Sawa, pulau tersebut juga memiliki pantai yang indah dan ditumbuhi pohon kelapa serta tumbuhan pantai lainnya.

PANORAMA PUNCAK KHAYANGAN

Puncak Khayangan salah satu objek wisata dataran tinggi yang berada di Desa Khayangan, Kecamatan Tomia timur, dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat ± 8 menit dari ibu kota kecamatan. Di puncak tersebut terdapat beberapa fosil kima yang berukuran besar, serta fosil batu karang. Selain itu ditumbuhi oleh semak dan hamparan rumput yang menghijau.

Dari atas Puncak Khayangan, para wisatawan dapat menyaksikan panorama alam di Pulau Tomia. Selain itu juga tampak jelas pemandangan Pulau Lentea, Tolandono dan Pulau Binongko.

HUTAN MANGGROVE

Hutan Mangrove yang ada di Pulau Tomia berada di Desa Lamanggau, Kecamatan Tomia. Di sana terdapat 17 jenis manggrove sejati diantaranya xylocarpus sprhozopora sp,. Ceriops sp,. Avecenia sp,. Serta manggrove ikutan yang masih cukup bagus.

sumber : wakatobikab.go.id

Azwar Aziz
Azwar Aziz
EDITOR

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>