729x 90

Persiapan Pelaksanaan Jelajah Desa Wisata Selong Belanak, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Persiapan Pelaksanaan Jelajah Desa Wisata Selong Belanak, Lombok, Nusa Tenggara Barat
Persiapan Pelaksanaan Jelajah Desa Wisata Selong Belanak, Lombok, Nusa Tenggara Barat

JAKARTA | Setelah menyelenggarakan beberapa kegiatan pengembangan desa wisata di beberapa desa di Indonesia. Pusat Studi Desa Indonesia (PSDI) merencanakan pelaksanaan kegiatan pengembangan desa wisata di desa wisata Selong Belanak, Praya Barat, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (Negeri 1000 Masjid).

Kegiatan yang di inisiasi oleh PSDI bekerjasama dengan Pemerintah Desa Selong Belanak ini, melibatkan rekan-rekan dari Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia (APMI), Komunitas Asa Edu, Komunitas HAHEHO, media elektronik (Bandung TV dan TV lokal), beberapa media cetak lokal, komunitas pecinta olahraga air (surfer), fotographer, blogger, siswa-siswi sekolah dasar, komunitas petualang, dan tentunya masyarakat desa Selong Belanak.

Dalam pelaksanaannya, selain menjelajahi spot-spot cantik wisata Selong Belanak, terangkai pula beberapa lomba seperti lomba selancar (surfing), lomba fotografi, lomba essay tingkat sekolah dasar, lomba perahu bermotor, lomba layang-layang dan lomba bersih pantai.

Tidak saja hanya pada jelajah dan expose potensi wisata (seperti Pantai Selong Belanak, Pantai Mawi, Pantai Rowo, Pantai Semeti, Pantai Telawas, Pantai Serangan, Pantai Omang Tomang dan Selong Selo), PSDI pun akan mencoba menjelajah dan meng-expose beragamnya potensi budaya dan seni, makanan khas (kuliner), kerajinan tangan (souvenir) dan produk-produk unggulan desa Selong Belanak.

Diskusi (coaching clinic) yang bertemakan "Potensi, Peluang dan Pasar Desa Wisata serta Hubungannnya dengan Media Sosial" akan menjadi bagian dari kegiatan yang dibuka untuk umum ini.

Rencananya pada acara puncak nanti akan dihadiri oleh Bupati Lombok Tengah, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Komando Distrik Militer Lombok Tengah dan Kapolres Lombok Tengah serta instansi-instansi terkait. Di panggung utama akan semakin meriah dengan penampilan gelaran seni dan budaya, juga penampilan group band lokal. Tak ketinggalan pula, akan ada pameran kerajinan tenun dan demo pembuatan kerajinan tenun serta kerajinan lainnya, juga pameran kuliner pada stand-stand yang akan disediakan oleh panitia.

Bagi peserta lomba dan blogger yang berasal dari luar desa Selong Belanak, panitia berencana menyediakan 100 buah tenda yang akan didirikan di pelataran pantai Selong Belanak. Tanpa biaya pendaftaran (gratis) dan konsumsi selama dilaksanakan oleh panitia.

Semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar, atas dasar bahwa dengan tersiar-luasnya potensi wisata, budaya, kerajinan, kuliner dan produk unggulan desa Selong Belanak ke seluruh penjuru nusantara ataupun mancanegara dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Azwar Aziz
Azwar Aziz
EDITOR

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>