729x 90

Pemenang Lomba Essay Tingkat Sekolah Dasar pada Event Explore Desa Wisata Karangsalam

Pemenang Lomba Essay Tingkat Sekolah Dasar pada Event Explore Desa Wisata Karangsalam
Pemenang Lomba Essay Tingkat Sekolah Dasar pada Event Explore Desa Wisata Karangsalam

BANYUMAS | Pemenang Lomba Essay Tingkat Sekolah Dasar pada Event Explore Desa Wisata Karangsalam

Juara Pertama Lomba Essay Tingkat Sekolah Dasar

Nomor Peserta : 30
Nama Peserta : Dwi Auriza Hanif
Kelas/ Sekolah : 6 (enam) / SD Negeri Karangsalam

Desa Karangsalam

Desa Karangsalam itu desa yang kaya akan wisata, wisata itu salah satunya adalah Curuk Telu. Banyak pepohonan dan banyak lagi hal yang indah. Wisata Curuk Telu terkenal akan keindahannya, beragam suku budaya, adat dan sebagainya. Setiap tanggal kemerdekaan atau hari tertentu desa Karangsalam menampilkan tampilan seperti Ebeg Ronggeng, Kentongan dan Wayang Kulit. Aku ingin menjadikan desa wisata yang menarik di Curuk Telu. Banyak pengunjung dari kota dan desa lainnya. Impianku itu adalah salah satunya ingin memperindah curuk dengan cara:
1. Membuat rumah/ restoran di pohon yang ada curuk nya,
2. Membuat tempat seperti hotel di sana,
3. Membuat restoran / mini market
4. Dan yang terakhir aku ingin setiap pengunjung di sana tidak boleh membuang sampah sembarangan
Hanya itu hal yang kuinginkan untuk memperbagus dan memperindah Desa Wisata Karangsalam.
Dengan kerja keras yang ditempuh, hal yang ku inginkan mesti akan terjadi.
Curuk Telu : aku akan membuat puisi tentang kamu yang dari dulu ada yang menemani aku di setiap waktu.

#Puisi#
Curuk Telu

Curuk Telu..
Kau sungguh indah setiap aku memandangmu di setiap waktu
Air terjun yang mempesona teringin aku pergi ke sana
Pepohonan, air di sekitarmu
Banyak orang yang berdagang di sekitarmu juga, aku tahu kamu mesti minta satu hal
Jangan membuang sampah di sekitarmu

Aku sudah membuat puisi tentangmu. Yaitu tentang curuk yang mempesona sehingga penduduk asing ingin singgah pergi ke sana untuk bermain air, berenang, berfoto-foto, dan masih banyak lagi.
Tuhan memberikan curuk di desa Karangsalam untuk memberikan keceriaan bagi kaum-kaumnya yang ingin berkunjung ke sana.
Desa ku yang ku cinta pujaan hatiku tempat ayah dan bunda dan handai tolanku tak mudah kulupakan tak mudah bercerai selalu ku rindukan desa ku yang permai.
Di Desa Wisata Karangsalam juga terdapat rumah-rumah kecil untuk bersantai/ untuk menikmati keindahannya.
Penduduk di sana berdagang mencari nafkah. Di sana juga ada sungai, curuk, kedung, pedagang, rumah-rumah kecil, (flaing fox), dll
Explore Desa Wisata Karangsalam yang ku kenang
Setiap aku pergi ke luar propinsi, aku merindukanmu, aku rindu dengan suara air mu.
Di sana ada kedung yang aku lewati setiap aku ingin pergi ke Curuk Telu namanya Kedung Pete warna air dari jembatan itu sangat indah, kedung itu berwarna hijau mempesona.
Terimakasih kepada Tuhan karena telah menciptakan curuk yang menawan semoga bermanfaat bagi semua orang.
Di desa Karangsalam juga tidak hanya terdapat Curuk Telu, di Karangsalam juga ada Tebela, Sandang Bidadari dan Grojokan Ratu.
Terimakasih.


Lembar Essay Juara 1

Juara Kedua Lomba Essay Tingkat Sekolah Dasar

Nomor Peserta : 1
Nama Peserta : Nikita Nabila Ghaisani
Kelas/ Sekolah : 6 (enam) / SD Negeri Kecil Munggangsari

Desa Ku Desa Wisata Karangsalam

Desa ku bernama desa Karangsalam Kecamatan baturraden Kabupaten Banyumas, yang terletak di kaki Gunung Slamet, dengan pemandangan yang sangat indah serta banyak air terjun yang membuat desa wisata Karangsalam menjadi tambah indah, dan banyak dikunjungi wisatawan. Alam pedesaan yang masih asri dengan hamparan persawahan yang subur sangat indah dipandang. Kebanyakan penduduk desa bekerja sebagai petani dan pekebun yang masih sangat menjunjung tinggi tradisi dan adat istiadat.
Selain keindahan alamnya Desa Wisata Karangsalam juga memiliki beragam tradisi dan budaya serti sholawatan, ronggeng, kentongan, ebeg dan berbagai permainan tradisional untuk membuat nyaman pengunjung yang datang ke desa wisata Karangsalam. Warga harus mulai menerapkan sapta pesona yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan, karena 7 pesona itu yang akan membuat wisatawan menjadi betah dan nantinya akan berkunjung kembali.
Untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, warga dapat menyediakan akomodasi seperti, penginapan atau homestay, warung, pemandu wisata, dan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Dengan banyaknya warga yang terlibat dengan pariwisata ini tentunya akan berdampak meningkatkan pendapatan warga dan terbukanya lapangan pekerjaan.
Untuk membuat daya tarik wisatawan yang datang ke Desa Wisata Karangsalam ada beberapa yang harus diutamakan yaitu:
1. Meningkatkan
2. Meningkatkan kreatifitas dibidang kesenian, kuliner atau makanan dan home industri
3. Mempertahankan kebudayaan lokal
4. Mempertahankan kepemilikan lahan supaya lahan tetap menjadi milik warga desa wisata Karangsalam dan nantinya desa tidak berubah menjadi kota
5. dan meningkatkan promosi atau pemasaran melalui internet
Semoga kedepan desa wisata Karangsalam mempertahankan keindahannya sehingga lebih banyak pengunjung yang datang ke Desa Wisata Karangsalam.


Lembar Essay Juara 2

Juara Ketiga Lomba Essay Tingkat Sekolah Dasar

Nomor Peserta : 29
Nama Peserta : Intan Setia Ramadani
Kelas/ Sekolah : 5 (lima) / SD Negeri Karangsalam

Desa Wisata

Desa Karangsalam adalah desa yang terletak di kaki Gunung Slamet. Desa ini terkenal dengan wisatanya. Salah satunya adalah Curuk Telu. Curuk Telu wisatanya indah, ramai, sejuk dan udaranya dingin. Yang datang bukan penduduk desa Karangsalam saja tetapi orang-orang luar juga mengunjunginya karena banyak orang mengirimkan dan di sana ada tempat makan yaitu seperti rumah makan luar yaitu Saung Maron dan ada warung.
Di sana ada juga yang belum diraih oleh wisata Curuk Telu yaitu, belum ada peraturan yang baik, di sana tempatnya harus dirawat lebih baik lagi dan dijaga.
Diberbagai wisata ada manfaatnya, manfaat Curuk Telu yaitu air yang mengalir dari tanah Jawa Tengah orang lain bisa mencuci barang-barang yang kotor, mandi, dan untuk mengaliri lahan yang kering, maka itu orang-orang menyukai wisata Curuk Telu.
Wisata Curuk Telu terkenal dengan cara mulut ke mulut atau dengan cara internet dan lain-lain. Maka itu banyak wisatawan yang mengunjunginya, di desa Karangsalam mata pencahariannya adalah petani.
Tetapi jika wisata Curuk Telu lebih ramai dengan membuat Musolah dan tempat Homestay jika ada wisatawan yang akan menginap dan diberi tempat wudhu.
Cara untuk menanggulangi dampak negatif adalah ada peraturan yang lebih baik untuk wisatawan, agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diperbolehkan.


Lembar Essay Juara 3

Selamat kepada para pemenang.

Azwar Aziz
Azwar Aziz
EDITOR

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>