729x 90

Objek Wisata yang Indah dan Menarik di Pulau Kaledupa, Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Objek Wisata yang Indah dan Menarik di Pulau Kaledupa, Wakatobi, Sulawesi Tenggara
Objek Wisata yang Indah dan Menarik di Pulau Kaledupa, Wakatobi, Sulawesi Tenggara

WAKATOBI | Pulau Kaledupa menyimpan pesona wisata alam yang indah dan menarik. Di beberapa objek wisata tersebut, wisatawan dapat melakukan aktivitas seperti memancing, berenang, snorkeling, diving, berjemur dan aktivitas lainnya yang dapat menghilangkan kepenatan, serta mengembalikan stamina dan semangat untuk menjalankan rutinitas. Berikut objek wisata alam yang ada di Pulau Kaledupa.

PANTAI HOGA

Pantai Hoga adalah salah satu objek wisata yang indah dan menarik. Pantai Hoga terletak di Pulau Hoga Kecamatan Kaledupa, berjarak ± 15 menit dari Pulau Kaledupa, dan dapat ditempuh dengan menggunakan Speed boat dan Katinting.

Pantai Hoga memiliki hamparan pasir putih yang bersih, air lautnya jernih, panorama bawah lautnya mempunyai beraneka ragam terumbu karang yang berwarna-warni, beberapa spesies ikan. Di sana juga terdapat laboratorium bawah laut. Sehingga tempat tersebut, tepat untuk dijadikan tempat beraktivitas snorkeling dan diving.

Pantai Hoga memiliki beberapa sarana akomodasi yang berbentuk cottage milik masyarakat Kaledupa yang dikelola Operation Wallacea dengan tarif yang terjangkau.

Di samping itu juga terdapat beberapa flora yang masih terjaga seperti pohon bakau, pohon cemara, pandan dan pohon pantai lainya. Sehingga menjadikan tempat tersebut rindang dan udaranya sejuk. Selain itu juga terdapat beberapa fauna seperti biawak, burung pipit dan fauna lainnya.

PANTAI SOMBANO

Pantai Sombano berada di Desa Sombano Kecamatan Kaledupa, berjarak ± 15 menit dari ibukota kecamatan. Untuk sampai ke Pantai Sombano, para wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Pantai Sombano memiliki hamparan pasir putih yang bersih, vegetasi pantai yang rapat, serta dapat menikmati sunset di saat senja sambil menikmati semilir angin yang berhembus dari dedaunan nyiur yang melambai.

PANTAI PEROPA

Pantai Peropa berlokasi di Desa Peropa Kecamatan Kaledupa Selatan, berjarak ± 30 menit dari pusat kota, dengan menggunakan kenderaan roda dua dan roda empat. Selain memiliki hamparan pasir putih yang bersih, di pantai ini juga menjadi tempat tambatan perahu masyaraka peropa, dan bila berkunjung di pagi hari, para wisatawan dapat menyaksikan aktivitas nelayan pulang dari melaut dan penduduk setempat sudah menanti kedatangan mereka untuk membeli ikan hasil tangkapannya.

Di Pantai ini juga dapat disaksikan panorama matahari terbenam (sunset) dan merasakankesejukan dari terpaan nyiur yang melambai.

PUNCAK JAMARAKA

Puncak Jamaraka berada di Kecamatan Kaledupa Selatan, dengan jarak dari ibukota kecamatan ± 35 menit, dapat ditempuh dengan menggunakan kenderaan roda dua dan roda empat. Dari atas puncak tersebut para wisatawan dapat menyaksikan panorama perkampungan Kaledupa yang terbentang luas serta menikmati keindahan matahari terbenam di kala sore hari.

MANGROVE

Hutan mangrove di Pulau Kaledupa berada di beberapa tempat seperti Kelurahan Laulua, Desa Langge, Desa Sombano, Desa Buranga, Desa Balasuna, Desa Horuo dan Desa Tampara. Hutan Mangrove ini sangat luas dan rapat. Di Hutan ini hidup beberapa fauna seperti kepeting, ikan, kerang, burung pipit, trinil, siput, udang dan beberapa fauna lainnya. Hutan Mangrove di Pulau Kaledupa terbesar di Kabupaten Wakatobi.

sumber : wakatobikab.go.id

Azwar Aziz
Azwar Aziz
EDITOR

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>