729x 90

FGD : Memacu Kreatifitas Desa Menuju Desa Mandiri 2

FGD : Memacu Kreatifitas Desa Menuju Desa Mandiri 2
FGD : Memacu Kreatifitas Desa Menuju Desa Mandiri 2

BANDUNG | Pada sesi berikutnya Bapak Yusup Firmansyah dari Transmart Carrefour dalam materinya mengenai “Pengembangan UMKM Transmart” memaparkan mungkin Bapak/ Ibu lebih mengenal namanya itu Carrefour. Untuk nama Carefour ini berasal dari Perancis. Saat ini kepemilikan sahamnya sudah dibeli oleh Bapak Khairul Tanjung ditransformasi menjadi namanya Transmart. Nama transmart ini akan mulai eksis keseluruhan di tahun 2020. Saat ini untuk store Carrefour ada 89 tersebar di seluruh Indonesia, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan yang lainnya juga.

Carrefour Indonesia didirikan tahun 1998. Sejak Januari 2013, berubah menjadi PT Trans Retail Indonesia. Visinya dikenal dan dicintai karena membantu pelanggan dan konsumen untuk menikmati kualitas hidup yang lebih baik setiap hari dan misi nya adalah menjadi ritel pilihan keluarga Indonesia 2018.

Saat ini Carrefour fokus nya terintegrasi dan berkelanjutan, terus mengembangkan dan memperkuat kemitraan dan peningkatan program di masa depan. Yang saat ini menjadi fokus kita adalah yang pertama pengembangan UMKM yaitu meningkatkan ekonomi masyarakat baik itu di pedesaan, kota dan skop-nya lebih ke provinsi juga.

Untuk strategi pengembangan UMKM ini pertama kemitraan, terus nanti ada juga Bazar Rakyat. Saat ini yang sudah jalan namanya Pojok Rakyat. Produk-produk UKM yang sudah masuk, kami masukan di Pojok Rakyat ini. Untuk dukungan yang diberikan oleh Carefour yaitu terutama akses pasar di seluruh Transmart Carrefour. Untuk dukungan promosi, peningkatan kapasitas dan evaluasi berkelanjutan. Jadi selain produk yang masuk, kami kembangkan juga, kita improve juga produk nya. Jadi jangan hanya masuk, trus jalan, lantas jualan, kita tidak mau seperti itu. Kita juga improve produk nya agar lebih bagus lagi dan penjualannya lebih besar lagi.

Kemudian latar belakang pengembangan UMKM. UMKM adalah pengerak roda perekonomian Indonesia. Jumlah UMKM di Indonesia kurang lebih dari 58 juta pengusaha. Peran UMKM sangat penting dalam membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia. Lebih kurang 70% supplier PT Trans Retail Indonesia adalah UMKM.

Carrefour memberikan kesempatan kepada pelaku usaha mikro yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Carrefour dan mempunyai pendapatan kurang dari Rp. 300.000.000 (tiga ratus juta rupiah) per tahun untuk bergabung dalam program Pojok Rakyat dengan dilengkapi surat rekomendasi dari instansi terkait dan surat pernyataan usaha mikro.

Pada program Pojok Rakyat tersebut, Carrefour memberikan fasilitas khusus selama 1 (satu) tahun kepada pelaku usaha mikro dalam bentuk; (1) Penyediaan area khusus di gerai Carrefour yang mempunyai area 4000 m2 di seluruh Indonesia. Pembentukan area khusus ini akan dilakukan secara bertahap. (2) Jenis transaksi antara Carrefour dan pelaku usaha mikro akan ditentukan berdasarkan hasil kesepakatan bersama antara pemasok dan pihak komersial. Jenis transaksi yang dimaksud adalah transaksi pembelian putus, pembelian konsinyasi atau pembelian dengan opsi pengembalian barang. (3) Tidak mengenakan pungutan atau biaya apapun sehubungan dengan biaya rabat dan promosi. (4) Tidak mengenakan pungutan atau biaya apapun sehubungan dengan Trading Terms. (5) Memberikan bantuan promosi dan pameran dengan menggunakan sarana yang biasa digunakan oleh Carrefour dan (5) Memberikan jangka waktu pembayaran antara 7 – 10 hari setelah diterimanya invoice dengan mempertimbangkan jadwal pembayaran Carrefour.

Usaha nyata Carrefour untuk mendukung UMKM yang belum menjadi pemasok dan bukan pemasok, UMKM lokal dan pedagang pasar tradisional melalui pameran selama seminggu di toko-toko Carrefour, maka UMKM dan pedagang pasar tradisional mendapatkan akses pasar dan peluang baru untuk memperkuat produk dan kapasitas produksi.

Apa itu Pojok Rakyat? Pojok Rakyat adalah program yang komprehensif, berkesinambungan, serta terintegrasi untuk mendukung dan mengembangkan UMKM yang telah menjadi pemasok di Carrefour. Pihak mana saja yang terlibat dalam Program Pojok Rakyat? Pojok Rakyat didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kementerian Perdagangan RI, Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, serta asosiasi pemasok. Dukungan apa yang diberikan oleh Carrefour? Mitra pemasok UMKM mendapatkan dukungan promosi, akses pasar, program peningkatan kapasitas, dan membantu dalam pemantauan dan evaluasi kinerja penjualan. Siapa yang bisa mengikuti program Pojok Rakyat? Siapapun Bisa! Sejauh memenuhi minimal standard ketentuan: produk berkualitas, memiliki kemampuan menjaga kontinuitas produk, pengiriman tepat waktu, legalitas lengkap serta mau maju bersama.

Pojok Rakyat terletak di lokasi strategis di dalam gerai dengan tanda menarik dan mudah dilihat. Saat ini area Pojok Rakyat ada di 23 gerai pada 11 kota. Jumlah UMKM yang sudah bergabung di Transmart Carrefour sebanyak 370 UMKM. Total SKU : lebih dari 10.000 item.

Beberapa pertanyaan pun terlontar dari beberapa peserta diskusi. Seperti dari Bapak Firman (Kepala Bidang pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Provinsi Jawa Barat) bahwa kalau bergabung dengan Transmart untuk menjual sebuah produk yang kita punya, Transmart yang menawarkan atau kita sendiri yang menawarkan diri atau ada tempat khusus? Karena yang saya lihat tadi baru dari provinsi-provinsi tertentu, belum ke seluruh nusantara. Jadi apakah ini terbuka atau belum?

Bapak Yusup Firmansyah menjawab bahwa sebenarnya kalau untuk produk, bisa dari Bapak yang menawarkan atau saya sendiri yang akan datang ke Bapak. Cuman memang kebanyakan memang datang ke tempat kita menawarkan produknya sambil dibawa contoh produknya tapi tidak menutup kemungkinan saya yang datang ke tempat Bapak/Ibu melihat produk dan proses pengolahannya. Saya pun ingin menjamin produk yang dijual itu kualitasnya bagus.

Saat ini kita tidak berpatok di Pojok Rakyat saja, saat ini pun kita sudah ada yang namanya Authentic Corner yang sudah tersedia di 30 toko, kebanyakan di Jakarta, di Bandung ada 2 (dua), di daerah Jawa Tengah ada 3 (tiga) dan daerah Surabaya ada 2 (dua). Authentic Corner ini adalah menyatukan atau menggabungkan produk-produk khas dari masing-masing kota untuk dijual di satu toko. Item nya dominan lebih di makanan, dari kopi, dari sirup, dari sambal. Pada dasarnya untuk produk yang ditawarkan bukan hanya terpatok di satu toko saja. Bila Bapak/Ibu sanggup ekspansi di luar Bandung saat ini tidak menutup kemungkinan. Saat ekspansi kami memperhitungkan stoknya aman atau tidak, karena dengan bertambahnya pasar maka bertambah pula stok yang harus disiapkan.

Terus yang kedua, Pricing atau harga nya, cocok atau tidak, karena akan memperhitungkan Cost Delivery. Di Carrefour terbuka, jadi produk apa pun bisa masuk. Selama produknya aman, harganya pun bisa bersaing, mau masuk ke Jakarta, mau masuk ke Palu, mau masuk ke Palembang, silahkan.

Pertanyaan berikutnya dari Bung Muhammad Darmawan (Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pasundan) bahwa terkait kebijakan khusus bagi UMKM, Carrefour memberikan kesempatan kepada pelaku usaha mikro yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Carrefour dan mempunyai pendapatan kurang dari Rp. 300.000.000 (tiga ratus juta rupiah) per tahun untuk bergabung dalam program Pojok Rakyat dengan dilengkapi surat rekomendasi dari instansi terkait dan surat pernyataan usaha mikro. Pertanyaannya rekomendasi dari instansi terkait itu yang mana saja? Usaha yang diberlakukan di Transmart Carrefour itu apa saja? Dan bagaimana cara kerjasama Carrefour dengan universitas-universitas yang ada khususnya dengan Universitas Pasundan?

Bersambung..
FGD : Memacu Kreatifitas Desa Menuju Desa Mandiri [3]

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>