729x 90

Explore Desa Wisata Selong Belanak

Explore Desa Wisata Selong Belanak
Explore Desa Wisata Selong Belanak

LOMBOK TENGAH | Event Explorer Desa Wisata Selong Belanak terselenggara atas kerjasama Pemerintah Desa Selong Belanak dengan Pusat Studi Desa Indonesia (PSDI). Dilaksanakan di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Indonesia pada tanggal 01 hingga 02 Oktober 2017 lalu.

Event ini didukung oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dan merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun Lombok Tengah yang ke 72 yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2017 mendatang.

Beberapa sponsor yang ikut berpartisipasi pada event ini seperti 4G Lte / Telkomsel, Yamaha Marine (Selecta Jaya Marine Main Dealer 3S NTB), Gandrung Lombok, Sempiak Villas, Selong Selo, PT. Lombok Swadaya Mandiri, PT. Esa Swardana Tani dan Teh Pucuk Harum. Dan Media Partner dari Forum Wartawan Lombok Tengah.

Di hari pertama pelaksanaannya (01 Oktober 2017) kegiatan terfokus pada pelaksanaan lomba. Lomba yang gelar seperti Lomba Surfing, Lomba Fotografi, Lomba Perahu Bermotor dan Lomba Essay Tingkat Sekolah Dasar. Dan melibatkan beberapa Blogger se-pulau Lombok (untuk Blogger tidak dilombakan).

Lomba Surfing (biasa disebut Kontes Surfing) diikuti oleh 40 orang Surfer yang merupakan perwakilan dari Senggigi, Kuta, Gili, Gerupuk dan Selong Belanak. Sedangkan untuk Juri, Jeremy Gray (Ketua Juri), Andrew, Tokyo dan Roni. Dan 10 orang pendukung Juri dengan tugas masing-masing seperti Penghitung Waktu, MC, Pengatur Bendera, Pengatur Penggantian Kostum, Cek Nama, dan Hitung Nilai (Jane Gray). Lomba ini dilaksanakan di Pantai Mawi karena pantai ini memiliki ombak yang cukup tinggi yang sangat memungkinkan untuk melakukan Kontes Surfing.


Pelaksanaan Kontes Surfing di Pantai Mawi


Pelaksanaan Kontes Surfing di Pantai Mawi


Pelaksanaan Kontes Surfing di Pantai Mawi


Juri Kontes Surfing di Pantai Mawi

Untuk lomba Fotografi diikuti oleh 26 orang Fotografer yang berasal dari beberapa komunitas fotografi yang ada di Lombok Tengah. Setelah mengabadikan foto beberapa lomba, para Fotografer pun memulai Jelajah Desa Wisata dengan mengunjungi beberapa spot cantik di Selong Belanak, seperti Pantai Selong Belanak, Pantai Serangan, Pantai Mawi dan Selong Selo.

Sedangkan untuk lomba Perahu Bermotor, diikuti oleh 10 orang nelayan yang berasal dari Desa Selong Belanak. Lomba ini dilaksanakan di Pantai Selong Belanak.


Lomba Perahu Bermotor di Pantai Selong Belanak


Lomba Perahu Bermotor di Pantai Selong Belanak


Lomba Perahu Bermotor di Pantai Selong Belanak

Di panggung utama digelar lomba Essay Tingkat Sekolah Dasar, diikuti oleh 22 siswa(i) yang berasal dari Sekolah Dasar se Kecamatan Praya Barat.


Lomba Essay Tingkat Sekolah Dasar


Lomba Essay Tingkat Sekolah Dasar


Lomba Essay Tingkat Sekolah Dasar

Sembari pelaksanaan lomba, 15 orang ibu-ibu dan beberapa gadis desa Selong Belanak menggelar demo proses pembuatan kain tenun dan pameran kain hasil tenun yang sudah siap pakai di stand depan panggung yang disediakan panitia.


Demo Proses Pembuatan Kain Tenun


Demo Proses Pembuatan Kain Tenun


Demo Proses Pembuatan Kain Tenun

Di hari kedua (02 Oktober 2017), merupakan acara ceremoni dengan rangkaian berupa Pembacaan Doa oleh H. Abdul Gafur. Kata sambutan oleh Wakil Bupati Lombok Tengah dan Direktur Eksekutif Pusat Studi Desa Indonesia.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Lombok Tengah menyampaikan bahwa Pemerintah Pusat dan Daerah sedang terus meningkatkan minat investasi pariwisata di Kabupaten Lombok Tengah, apalagi Kabupaten Lombok Tengah merupakan salah satu Kawasan Ekonomi Khusus yang ada di Indonesia. Beliau juga mengharapkan untuk semua pihak bisa membantu dalam pembangunan pariwisata di Lombok, sebagai contoh yang sedang dilakukan oleh Pusat Studi Desa Indonesia saat ini di Selong Belanak.

Gelaran seni dan budaya seperti Gendang Beleq dan Presean. Juga masih dihiasi oleh ibu-ibu dari Desa Selong Belanak yang melakukan demo pembuatan kain tenun. Dan juga diramaikan oleh penampilan artis-artis dangdut lokal asal Lombok Tengah.


Pembacaan Doa oleh H. Abdul Gafur


Sambutan oleh Wakil Bupati Lombok Tengah


Sambutan oleh Direktur Eksekutif Pusat Studi Desa Indonesia


Gelaran Seni dan Budaya (Gendang Beleq)


Gelaran Seni dan Budaya (Gendang Beleq)


Gelaran Seni dan Budaya (Gendang Beleq)


Gelaran Seni dan Budaya (Presean)


Gelaran Seni dan Budaya (Presean)


Gelaran Seni dan Budaya (Presean)

Sesi terakhir dari event Explore Desa Wisata Selong Belanak adalah Pengumuman Pemenang Lomba dan Penyerahan Hadiah. Khusus untuk Hadiah Juara 1, 2, 3 dan 4 Lomba Perahu Bermotor berupa uang tunai dan marchendise berupa kaos dan topi untuk masing-masing juara dipersembahkan oleh Yamaha Marine (Selecta Jaya Marine Main Dealer 3S NTB).


Penyerahan Hadiah Lomba Essay Tingkat Sekolah Dasar oleh Tim PSDI


Foto Bersama Para Pemenang Lomba Essay Tingkat Sekolah Dasar


Penyerahan Hadiah Lomba Perahu Bermotor oleh Ketua Panitia


Foto Bersama Para Pemenang Lomba Perahu Bermotor


Penyerahan Hadiah Lomba Fotografi oleh Tim PSDI


Foto Bersama Para Pemenang Lomba Fotografi


Penyerahan Hadiah Kontes Surfing oleh Tim PSDI


Foto Bersama Para Pemenang Kontes Surfing

Berikut daftar para pemenang lomba.

 

Azwar Aziz
Azwar Aziz
EDITOR

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>