729x 90

Desa Pengguna DD Wajib Miliki BUMDes

Desa Pengguna DD Wajib Miliki BUMDes
Desa Pengguna DD Wajib Miliki BUMDes

PESAWARAN | Untuk Pengguna Dana Desa (DD) 2017 diharapkan Seluruh desa yang ada di Kabupaten Pesawaran wajib mempunyai Badan Usaha Milik Desa (BUMdes).

Di Kabupaten Pesawaran sendiri saat ini memiliki 114 desa yang ada dan saat ini sekitar 90 persen sudah menyampaikan Surat Pertanggung Jawaban (SPj) pengunaan DD.

Menurut Kepala Dinas Pemerintahan Desa (PMD) Pesawaran, Heksus mengatakan bahwa untuk DD bagi 144 desa di Pesawaran pada tahun 2017 ini mencapai Rp118,7 miliar dan diperkirakan akan cair pada Bulan April ini.

“Diperkirakan Bulan April akhir, dana desa sudah dapat dicairkan.Kita targetkan hari (jum,at red) semua desa harus sudah menyerahkan SPj. Dana Desa itu, mudah-mudahan sudah selesai semuanya,” kata Heksus, Jumat (31/3).

Dikatakan, untuk penggunaan dana desa khususnya pada 2017 ini, pemerintah Pesawaran berharap seluruh desa segera membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dimana, BUMDes yang dibentuk sesuai dengan potensi masing-masing desa.

“Semua desa wajib punya BUMdes, sekarang ini yang akan kita kejer. Dan kita akan lakukan pembinaan ke desa-desa untuk pembentukan BUMDes ini,” ucapnya.

Saat disinggung apakah dari 144 desa di Pesawaran sudah dilakukan mapping keunggulan masing-masing desa untuk BUMDes. Nantinya mantan Asisten I Bidang Pemerintahan Pesawaran ini menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan pemetaan potensi masing-masing desa.

“Sudah kita lakukan mapping. Nanti kita akan bentuk tim terpadu untuk lakukan pembinaan. Dan nanti akan kita bagi rayon, untuk pembinaan BUMDes tersebut,” jelasnya.

Lebih jauh Heksus mengatakan, untuk pembagian rayon untuk rayon 1 Kecamatan Gedongtataan, Negerikaton, dan Tegineneng,sedangkan rayon II meliputi Kecamatan Way Lima, Kedondong dan Way Khilau,sedangkan untuk rayon III yakni Kecamatan Teluk Pandan, Way Ratai, Padangcermin, Marga Punduh dan Kecamatan Punduh Pedada.

“Target kita agar BUMDes dapat segera terbentuk di seluruh desa se-Pesawaran. Saat ini memang beberapa desa sudah terbentuk. Paling tidak kita upayakan, Mei sudah terbentuk semua,” pungkasnya.

sumber : translampung.com

Azwar Aziz
Azwar Aziz
EDITOR

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>