729x 90

BUMDes Pertanian di Desa Bukit Langkap

BUMDes Pertanian di Desa Bukit Langkap
BUMDes Pertanian di Desa Bukit Langkap

LINGGA | Untuk menunjang program ketahanan pangan dengan membuka lahan persawahan di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Lingga Utara, pemerintah desa setempat membuka Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

BUMDes yang diberi nama Damar Desa ini, akan bergerak di bidang penjualan pupuk, bibit dan obat-obatan pertanian.

Selain membuka usaha penjualan kelengkapan pertanian BUMDes ini juga diproyeksi untuk mengelola sawah yang sudah tercetak.

”BUMdes ini dibentuk tujuan awalnya adalah untuk mengakomodir kebutuhan pertanian. Sesuai dengan visi misi desa, kami ingin mensukseskan program percetakan sawah hingga Bukit Langkap dapat menjadi desa lumbung ternak dan lumbung pangan yang mandiri,” kata Kepala Desa (Kades) Bukit Langkap, Sudarmin, kemarin.

Pendirian BUMDes dilakukan atas musyawarah dengan masyarakat mengenai bidang yang akan diusahakan.

Berbagai masukan dari masyarakat dirangkum sebagai rekomendasi usaha yang diajukan BUMDes.

”Usulan dalam musyawarah beragam. Seperti misalnya, menampung hasil petani dan ternak untuk dipasarkan di Batam,” terangnya.

Dilanjutkan, agar pengelolaan BUMDes dapat berjalan dengan baik sesuai harapan, nantinya BUMDes akan dikelola tenaga profesional dengan latar pendidikan sarjana yang berasal dari Desa Bukit Langkap.

”Kami berharap semoga dengan dibentuk dan beroperasinya BUMDes ini, masyarakat bisa dibantu kebutuhan dasar dalam usaha yang nanti muaranya tentu meningkatkan hasil usaha dan kesejahteraan warga,” imbuhnya.

sumber : tanjungpinangpos.co.id

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>