729x 90

BUMDes Kemarong Geluti Usaha Peternakan, Panen Perdana Raup Laba Rp 11,7 Juta

BUMDes Kemarong Geluti Usaha Peternakan, Panen Perdana Raup Laba Rp 11,7 Juta
BUMDes Kemarong Geluti Usaha Peternakan, Panen Perdana Raup Laba Rp 11,7 Juta

BANGKA | Kendati baru berdiri awal Desember 2016 lalu, namun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) 'Kemarong' Desa Petaling Kecamatan Mendobarat, dengan usaha peternakan ayam broilernya sudah meraup untung belasan juta rupiah.

Wakil Direktur BUMDes Kemarong, Ichsan MD mengatakan, dari modal penyerta yang dikucurkan Pemdes Petaling senilai Rp 49,5 juta, per 10 Desember 2016 lalu, BUMDes Kemarong sudah memberikan 20 persen lebih keuntungan.

"Dari Rp 49,5 juta modal penyerta yang dikucurkan Pemdes Petaling Desember 2016 lalu, senilai Rp 42,6 juta kita gunakan untuk usaha peternakan. Sisanya dipergunakan untuk perawatan kebun sawit desa yang saat ini pengelolaannya diserahkan ke BUMDes Kemarong," ujar Ichsan, Selasa (1/2/2017).

Menurut Ichsan, dari usaha peternakan ayam broiler dengan investasi modal Rp 42,6 juta, pihaknya mendapat laba sekitar Rp 11,7 juta. Laba sebesar ini diperoleh dalam tempo 35 hari.

“Jadi lumayan sangat menjanjikan," ujarnya.

Dikatakan Ichsan, menggeliatnya usaha BUMDes Kemarong tak lepas dari intervensi positif dari Pemdes Petaling dan pihak BPMPD Kabupaten Bangka, khususnya Kabid PUEM, Ansori.

"Pemdes Petaling maupun pihak BPMPD melalui Kabid PUEM, sangat antusias memberi support agar BUMDes Kemarong dapat menjadi BUMDes Percontohan," imbuh Ichsan.

Ichsan berharap, di tahun 2017 ini BUMDes Kemarong mendapat kucuran modal penyertaan yang lebih besar lagi. Dengan demikian, kata dia, BUMDes Kemarong dapat mengembangkan usaha yang lebih besar lagi dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Kedepan kita memiliki agenda pengembangan usaha seperti simpan pinjam, broker sawit dan karet, penyediaan jasa dan sebagainya. Oleh sebab itu, BUMDes memerlukan modal penyerta yang memadai agar dapat mengembangkan sayap usahanya," harap Ichsan.

sumber : tribunnews.com

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>