729x 90

BUMDes Karya Mandiri Sumbang Pendapatan Asli Desa

BUMDes Karya Mandiri Sumbang Pendapatan Asli Desa
BUMDes Karya Mandiri Sumbang Pendapatan Asli Desa

LEMBANG | BUMDes Karya Mandiri Desa Cibodas menyumbangkan pendapatan Asli Desa yang cukup besar, sehingga merupakan salah satu BUMDes terbaik yang ada di Indonesia.

Sesuai Visi BUMDes mewujudkan kesejahteraan masyarakat Desa Cibodas melalui Pelayanan Air Bersih, Pengembangan Usaha Ekonomi, Pengadaan Sarana Olah Raga dan pelayanan sosial.

Menurut ketua BUMDes Karya Mandiri Doyo Mulyo Iskandar, memaparkan bahwa BUMDes Karya Sejak awal usaha utamanya adalah pengelolaan air bersih.

“BUMDes Karya Mandiri berdiri pada tahun 2005, akan tetapi pada tahun 2008 kami melengkapi legalitas, usaha pokok yang ada adalah pengelolaan air bersih, dari sinilah kami biasa mengembangkan unit usaha lain, seperti kios desa dan gedung serbaguna.” Katanya. Jum’at (4/11).

Doyo, sapaan akrabnya, bersama timnya terus bekerja secara profesional mengembangkan pengelolaan air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Air merupakan vital bagi kami, makanya melalui BUMDes Karya Mandiri ini kami terus bekerja secara professional dalam pengelolaan air bersih,” lanjutnya.

Meskipun sumber air dari luar desa, tidak menyurutkan semangat pengelola BUMDes Karya Mandiri dalam memenuhi kebutuhan air bersih untuk warga.

“Setiap harinya sekitar 10 ribu meter kubik kami alirkan ke setiap rumah, air kami alirkan dari pegunungan sejauh 11 km, kami tampung di bak penampungan kemudian baru kami alirkan ke 2200 orang penguna air bersih” katanya.

Bak penampung yang mampu menampung sekitar 20 ribu sampai 60 ribu liter ada sekitar 21 bak penampung, hal ini untuk memudahkan terdistribusiya air ke konsumen.

Setiap warga yang menikmati fasilitas air bersih dari BUMDes, selain membayar pemasangan instalasi air sekitar 400 ribu hingga 3,5 juta, juga memungut retribusi sebesar 10 ribu per bulannya.

Hasil dari usaha pengelolaan air tersebut selain dipakai untuk perawatan dan biaya pengelolaan, BUMDes Karya Mandiri memiliki sumbangsih besar terhadap pendapatan asli desa, yang dikembalikan lagi terhadap masyarakat.

“Hasil usaha ini selain untuk perawatan, kami masukan ke pendapatan asli desa sebesar 120 juta per tahun, dan kami juga kembalikan kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan. Kami juga telah membeli tanah seluas 6 ribu meter yang kami hibahkan untuk fasilitas pendidikan,” katanya

Di tahun 2017 mendatang BUMDes Karya Mandiri akan terus mengembangkan usaha pokoknya di bidang air, akan menambah kembali mata air guna meningkatkan debit air.

“Rencana kedepan selain meningkatkan debit air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, kami juga akan memulai usaha di bidang air kemasan, selain itu di tahun 2017 kami akan coba mengusulkan dalam pembuatan rumah kemasan yang digunakan untuk central mengemas hasil pertanian di desa kami untuk menembus pasar modern,” tutupnya.

sumber : pasundanekspres.com

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>