729x 90

BUMDes Harus Bisa Kelola Sampah

BUMDes Harus Bisa Kelola Sampah
BUMDes Harus Bisa Kelola Sampah

BANDUNG BARAT | Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Bandung Barat diminta untuk segera membentuk lembaga pengelolaan sampah. Hal itu untuk meminimalkan pembuangan sampah ke TPA Sarimukti.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup KBB Apung Hadiat Purwoko mengatakan, pihaknya bulan ini akan menyosialisasikan hal itu bekerja sama dengan aparat kewilayahan, yakni camat dan kepala desa.

“Dibentuknya lembaga di bawah Bumdes maka pengelolaan sampah akan lebih efektif sehingga sampah yang dibuang ke TPA Sarimukti menjadi berkurang,” tuturnya.

Diakuinya sejauh ini memang sudah ada beberapa desa yang punya bank sampah. Namun, akan lebih efektif lagi jika dibentuk lembaga di bawah Bumdes, sehingga ada legalitasnya. Pengelolaan sampah nantinya menggunakan konsep 3R, yakni reduce (mengurangi), reuse (memanfaaatkan), dan recycle (mendaur ulang) sampah. Dengan metode ini, diharapkan hanya limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun) yang dibuang ke TPA.

Saat ini, volume sampah per hari di KBB sekitar 300 ton, tetapi hanya setengahnya yang terangkut ke TPA. "Jika semua desa sudah bisa kelola sampah sendiri, akan lebih sedikit sampah yang dibuang ke TPA," ujar Apung.

Apung menambahkan, lembaga pengelola sampah di bawah BUMDes bisa memanfaatkan sampah untuk menghasilkan uang. Sebab, beberapa jenis sampah bisa didaur ulang dan dijual kembali.

sumber : juaranews.com

Azwar Aziz
Azwar Aziz
EDITOR

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>